WARTA  

Gelar Seminar Critical Thinking dan Diskusi Peran Mahasiswa Menjawab MBKM, Melvi : KITA Tumbuh Dari Rintangan

DETIKDATA, Waingapu – Lembaga kemahasiswaan Universitas Kristen Wira Wacana Sumba gelar seminar Critical Thinking dan Diskusi peran mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan(LK) dalam menjawab MBKM. Rabu,(08/09/23).

Pembukaan seminar dimulai pada pukul 09.00 Wita bertempat di Aula Unkriswina Sumba. Seminar ini menghadirkan 2 Pemateri dari Universitas Kristen Satya Wacana(UKSW) Salatiga yakni : Dr. Wilson M.A. Therik, S.E.,M.Si dan Yesaya Sandang, Ph.D.

Sebagai penanggungjawab kegiatan, Ketua Senat Mahasiswa Unkriswina Sumba, Melvi Tamu Boku dalam sambutannya mengatakan bahwa Pentingnya berpikir kritis.

“Dalam penyelenggaraan Seminar kali ini, Lembaga Kemahasiswaan patut bersyukur atas kehadiran para pemateri yang luar biasa, memberikan inspirasi baru serta pemahaman mendalam tentang pentingnya berpikir kritis. Di tengah masa yang penuh dengan dinamika perubahan, kita menghadapi tantangan kompleks seperti penyebaran isu-isu hoaks yang mengancam integritas informasi. Persiapan ini menjadi landasan penting untuk menghadapi masalah yang lebih kompleks di masa depan.” Kata Melvi.

Melvi menambahkan bahwa kita harus tumbuh dari rintangan.

“Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada seluruh fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan, mulai dari BPMU, BPMF, hingga SMF, yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan dan mengkoordinasikan acara ini. Penghargaan khusus juga ditujukan kepada Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) dan kelompok Bakat Mahasiswa (KBM), karena mereka akan menjadi penerus Lembaga Kemahasiswaan di masa yang akan datang. Kehadiran serta partisipasi aktif teman-teman dalam seminar ini memberikan harapan besar bahwa semangat belajar dan mengembangkan diri terus berkobar dalam setiap individu. Setiap perjalanan pasti memiliki tantangan, namun penting untuk diingat bahwa kita bisa tumbuh dari setiap rintangan yang kita hadapi. Dengan kerja keras, ketekunan, dan semangat yang tak pernah padam, kita dapat mencapai lebih dari yang kita bayangkan. Jangan pernah ragu untuk memanfaatkan setiap kesempatan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Ingatlah, bahkan dari keadaan awal yang sulit sekalipun, kita bisa menemukan jalan untuk mencapai kesuksesan yang gemilang.

Sementara itu, Pembantu Rektor III Unkriswina Sumba, Dr. Adrianus Kabubu Hudang, SE., M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Berpikir Kristis Akan Mengatasi Rintangan.

“Menjadi bagian dari kegiatan kemahasiswaan adalah peluang luar biasa untuk tumbuh dan belajar. Dalam kesempatan kali ini, kita memiliki keberuntungan mendapat bimbingan dari para pemateri yang sangat berpengalaman, terutama dari sosok inspiratif seperti Pak Yesaya Sandang. Beliau bukan hanya seorang pemateri, tetapi juga seorang kawan seperjuangan yang telah berjuang bersama di Lembaga Kemahasiswaan UKSW. Mengambil inspirasi dari perjuangan beliau, kita dapat belajar bagaimana berpikir secara kritis dan mengatasi hambatan dalam memperjuangkan kepentingan mahasiswa. Saya sendiri dulunya adalah seorang yang pemalu, sejak dari tingkat SMP hingga kuliah di UKSW. Awalnya, sulit bagi saya untuk bersosialisasi dengan mahasiswa lain. Namun, bersyukur sekali ada senior yang memberi dukungan dan mengajak saya terlibat aktif di Lembaga Kemahasiswaan. Dengan adanya bimbingan dan dorongan dari mereka, kini saya dapat berdiri tegak di hadapan teman-teman mahasiswa, meraih hasil dari perjuangan dan kerja keras yang telah dilakukan.” Kata Adrianus.

Pantauan media detikdata.com kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang merupakan fungsionaris Lembaga Kemahasiswaan. Kegiatan berakhir pada pukul 12.30 Wita.(DD/JN)