Resmi Ditutup! Ketua SMU: PISMA I 2022 Unkriswina Sumba Ruang Implementasi Nilai KITA

DETIKDATA, WAINGAPU – Senat Mahasiswa Universitas (SMU) Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina) Sumba melakukan seremonial penutupan kegiatan Pekan Ilmiah dan Seni Mahasiswa (PISMA) Perdana 2022 di Aula Unkriswina Sumba, Sumba Timur, NTT. Sabtu (25/06/22).

Informasi yang dihimpun detikdata, kegiatan ini diisi dengan 12 item kegiatan diantaranya, 25 Grafiti, Tiktok Education, Vlog Inspiration, Solo Song, Writing Essay, Scientific Debate, 25 in Poerty Unkriswina, Photography, Short Story, Modeling, Student Lipsync Combat dan Popular Scientific.

Ketua Senat Mahasiswa Universitas Julian Ramu Ndima, dalam sambutannya menyampaikan bahwa PISMA I 2022 Unkriswina merupakan pusat prestasi mahasiswa dalam pengembangan penalaran ilmiah dan seni mahasiswa.

“PISMA merupakan ajang pembuktian dan uji kualitas mahasiswa dalam bidang penalaran dan seni. PISMA I 2022 Unkriswina adalah kegiatan yang perdana digelar di Unkriswina sumba,” jelas Julian.

Julian mengungkap, kegiatan ini bukan sekedar sebuah perlombaan biasa, namun merupakan ruang implementasi Nilai KITA.

“Mungkin sebagian dari kita memahami bahwa PISMA I 2022 Unkriswina merupakan ajang atau kejuaraan atau perlombaan dalam bidang Seni dan Penalaran atau Ilmiah, namun sesungguhnya PISMA I 2022 Unkriswina lebih dari pada itu. PISMA I 2022 adalah ruang Implementasi Nilai Kreatif, Inovatif, Transformatif dan Arif (KITA red). Sadar atau tidak, apa yang telah dan akan kita saksikan adalah upaya perwujudan nilai KITA. Jika dalam kegiatan-kegiatan sebelumnya, acara yang bersifat ceremonial seperti ini dibuat atau didesain layaknya upacara Nasional, di LK (Lembaga Kemahasiswaan red) periode 2021/2022 dalam hal ini SMU Akan mendesain semua kegiatan dan tentu saja realisasi Nilai KITA akan terus diupayakan,” ungkap Kader GMKI Cabang Waingapu tersebut.

Julian menambahkan bahwa Catatan Perbaikan merupakan upaya menjadikan PISMA lebih baik kedepannya.

“Kami sungguh menyadari dan menerima kenyataan bahwa¬† Pelaksanaan PISMA I 2022 memiliki banyak kekurangan, banyak catatan dan perbaikan. Berkenaan dengan kesadaran akan kekurangan atas upaya maksimal yang telah coba kami lakukan, catatan-catatan perbaikan telah tertuang rapi di atas kertas putih, Catatan kekurangan biarlah menjadi coretan evaluasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti dalam bentuk pembenahan ke arah yang lebih baik. Kami mengharapkan Implementasi Nilai KITA menjadi lebih nyata kepada siapa saja yang merasa menjadi bagian dari Unkriswina,” pungkasnya.

Sementara, Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Umbu Ho Ara berharap ada keberlanjutan dari kegiatan ini.

“PISMA I 2022 Unkriswina sudah dieksekusi dengan luar biasa dan sangat meriah, tentu kita mengharapkan kedepan ada terobosan yang juga luar biasa dan lebih baik lagi. Salah satu nilai KITA adalah Inovatif dan Transformatif, bagaimana kita memaknai kedua nilai ini? Menurut saya sekalipun pelaksanaan PISMA hari ini mendapat nilai 100, saya yakin dan percaya bahwa Inovasi dan Transformasi menjadi catatan penting untuk ditindaklanjuti. Kita tidak bisa membantah kenyataan bahwa zaman selalu berkembang dan inovasi baru selalu hadir sehingga kedepan harus ada inovasi baru dalam pelaksanaan PISMA,” pesan Umbu Ho Ara. (DD/RR)