Profil: Adryan E. Boling, Advokat Muda dengan Kapasitas Mumpuni

DETIKDATA, KUPANG – Andryan Ebenhaiser Boling, SH yang akrab disapa Andre adalah seorang Advokat muda kelahiran Waikabubak. Andre yang memilih studi di Fakultas Hukum, jurusan hukum pidana di Universitas Nusa Cendana.

Andre yang ditemui media, Minggu (24/01/2021) mengungkap hal yang mendorongnya masuk ke dunia hukum, yaitu karena melihat banyak penyelewengan terhadap aturan-aturan hukum.

Foto DD: Andryan Ebenhaiser Boling, SH yang sedang menulis

Ada sebuah istilah mengatakan bahwa Hukum lebih tajam kebawah dan tumpul keatas. Maksud dari istilah ini merupakan sindiran nyata bahwa hilangnya keadilan sehingga hukum dianggap lemah. Ini adalah hal klasik yang sudah lama dan sering terjadi. Saya memiliki harapan untuk menghilangkan stiqma ini dari pandangan masyarakat, sehingga hukum masih memiliki tempat tertinggi di mata masyatakat,” ungkap advokat yang dilantik oleh DPN PERADI, Selasa (19/01/2021) dan Pengambilan Sumpah di Pengadilan Tinggi Kupang, Rabu (20/01/2021).

Selain itu, masuk ke dunia hukum, menjadi seorang advokat dan membela keadilan merupakan cita-cita Andre sejak dahulu. Banyak advokat senior yang selalu menjadi inspirasi dan sangat di idolakannya sepwrti Buyung Nasution, Otto Hasibuan,Yusril Mahendra, Hotma Sitompul, dan masih banyak lagi, karena menurutnya mereka adalah orang-orang hebat dalam dunia Lawyer.

Foto DD: Andryan Ebenhaiser Boling, SH posisi dibawa

“Perlindungan hukum adalah hak bagi Setiap orang, siapapun itu baik dari golongan terkecil sampai golongan terbesar secara merata. Karena semua orang memiliki persamaan didepan hukum (equality before the law),” ujar Andre.

Selain fokus meningkatkan pengetahuan hukum di kampus, Andre juga terlibat aktif dalam berbagai organisasi maupun komunitas untuk menambah wawasan dan pengalaman. Berikut adalah sederet jabatan yang pernah diemban dalam beberap organisasi maupun komunitas tempat Andre mengekspresikan diri, yang berhasil dihimpun media:

1. Anggota BEM FH Undana dibidang penalaran dan keilmuan 2014/2015.
2. Sekretaris pelaksana bidang Kewirausahaan Komisariat Taurat 2016/2017
3. Sekretaris di bidang Pengabdian masyarakat BEM FH Undana 2016/2017
4. Ketua dibidang kesejahteraan masyarakat BEM FH Undana 2017/2018
5. Ketua komisariat taurat cabang GMKI Kupang 2017/2018
6. Ketua bidang PKK BPC GMKI Kupang 2018/2020
7. Konsultan Hukum media detikntt.co.id dan detikdata.com
8. Penasihat di Komunitas Lopo Milenial 2019/Sekarang
9. Direktur Advokasi Forum Petani Milenial 2020/sekarang
10. Angota tim perekaman sidang KPK di pengadilan tindak pidana korupsi 2017/2018
11. Panitera Pengganti di Komisi Informasi NTT
12. Anggota perhimpunan advokat Indonesia (PERADI).

Foto DD: Andryan Ebenhaiser Boling, SH

Andre yang aktif dalam sederet organisasi maupun komunitas di atas, berhasil menyelesaikan kulianya tepat 4 (empat) tahun.

Berbekal kapasitas akademik yang baik dan pengalaman organisasi yang mumpuni, Andre Boling serius meniti karirnya sebagai advokat, dan juga aktif sebagai Panitera Pengganti dan Legal Penyelesaian Sengketa Informasi Publik lewat Jalur Ajudikasi Nonlitigasi Komisi Informasi Provinsi NTT Sejak 2019 hingga saat ini.

Pria kelahiran 22 April 1995 ini mengaku bahwa pengacara merupakan profesi yang mulia (Officium Nobile) karena bisa membantu masyarakat yang tidak cakap hukum untuk mendapatkan Kepastian Hukum, Kemanfaatan dan keadilan . (DD/PB)

Related Posts

Tinggalkan Balasan