Atlet Lari Berprestasi NTT Tanpa Sepatu

DETIKDATA – Nama Wemmince Sonbai dan Khatarina Nesimnasi mungkin sangat asing ditelinga kita. Nama mereka bukan termaksud dalam jajaran artis korea yang sangat diidolakan, karena dikatakan berprestasi dan menyabet berbagai gelar kehormatan, bukan juga masuk dalam jajaran artis atau aktor kenamaan tanah air atau youtuber-youtuber elit yang saban hari selalu meriview isi rumah, isi garasi mobil atau mentok- mentok outfit anak-anak sultan.Nama ini juga bahkan bukan masuk dalam jajaran politisi- politisi elit Negri ini yang selalu mentereng mampir ditiap stasiun TV.

Lalu mereka siapa? Yah mereka hanya ibu-ibu Tua yang hidup di pelosok negri ini yang tiap hari menghabiskan waktu dikebun untuk menyambung hidup mereka dan keluarga. Lalu dimana letak permasalahannya? Permasalahan utamanya adalah Kedua Srikandi dan ibu Luar biasa ini pernah membuat Bangsa ini gempar dan bahkan dunia kalah itu geger karena kehebatan mereka. Kejadian ini bermulah pada PON X tahun 1981 di Jakarta, keduanya adalah atlit Lari yang mewakili Bumi FLOBAMORA, Nusa Terindah Toleransi diajang bergengsi itu. Selain karena pada ajang itu kedua srikandi hebat ini berhasil membawa pulang medali perak dan perunggu, dalam lari 3.000 meter. Khatarina finish di urutan ketiga sehingga mendapat medali perunggu, sedangkan Welmince di urutan kedua setelah atlet DKI bernama Starlet namun ada yang unik adalah karena kedua atlit ini berlari tanpa alas kaki atau sepatu, hal ini karena bagi atlit lari NTT seperti mereka “berlari dengan alas kaki seperti sepatu amat menghambat gerak mereka, tapi kalau kaki kosong kita lari seperti angin, melayang hanya ujung jari kaki sa yang menyentuh tanah.”

Bukan cuma mengharumkan nama NTT diajang PON du indonesia, kedua wanita hebat ini bahkan mewakili indonesia dalam ajang sea games, asian games bahkan diajang lari internasional lainya seperti di filipina, singapura hongkong maupun tailand. Selain itu kedua sosok hebat ini bukan hanya mencuri perhatian dari Presiden Soeharto tapi juga Presiden Filipina Kalah Itu yang bahkan sampai berniat mengadopsi Mereka. (DD/R)

Related Posts

Tinggalkan Balasan