Pantai Batu Termanu, Lanskap Kemegahan Pulau Rote

Nusa Tenggara Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki keragaman yang tinggi, baik keragaman suku, budaya, bahasa, agama maupun bentangan alam. Di Provinsi yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste ini terdapat lebih dari 1000 pulau yang berpenghuni maupun tidak. Salah satu pulau berpenghuni di provinsi ini yaitu Rote yang letaknya paling selatan Indonesia. Pulau ini memiliki banyak keunikan sejarah, budaya, bahasa maupun bentangan alam.

Pulau yang berbatasan langsung dengan negara Australia ini memiliki bentangan alam yang unik dan menarik. Pulau Rote bukan saja terkenal memiliki gadis – gadis cantik, namun juga memilik bentangan alam yang cantik. Di Pulau ini, banyak tempat wisata yang dijamin mampu memberi kepuasan bagi pelancong yang datang.

Salah satu destinasi wisata yang tergolong unik dan menarik di pulau ini yaitu Pantai Batu Termanu. Pantai dengan panorama alam yang indah, batu besarnya yang cantik akan mampu memenuhi dahaga wisata para pelancong.

Saat senja tiba, pengunjung akan dibuat kagum dengan indahnya langit yang berwarna kemerahan. Batu – batu karang indah dihiasi ikan – ikan yang seolah-olah menari menunjukan pesona alam Pantai Batu Termanu. Pantai ini juga merupakan spot foto berkelas bagi para model maupun yang sedang melakukan foto pra wedding. Terdapat sebuah batu berbentuk hati, sering juga menjadi spot foto, letaknya di sebelah kiri batu termanu.

Pesona pantai ini bukan saja yang terlihat di pesisir namun pemandangan indah juga tersaji dibawa permukaan air, bag akuarium. Pengunjung memanfaatkannya sebagai tempat snorkeling. Masyarakat setempat juga memanfaatkan kekayaan laut Rote Ndao tersebut sebagai tempat mencari nafka dengan menangkap ikan.

Selain panorama yang indah, batu termanu juga memiliki cerita unik yang dipercaya masyarakat setempat. Konon katanya batu ini dipercaya sebagai sepasang suami istri yang tidak menetap, mereka berpindah – pindah mengelilingi Pulau Rote, hingga akhirnya menetap di pantai ini hingga sekarang. Namun, beberapa sumber lain mengisahkan bahwa kedua batu ini berasal dari Maluku. Oleh penduduk setempat, batu termanu dipercaya sebagai batu keramat, beberapa kelompok melakukan ritual adat dibagian dibawah batu untuk memohon turunnya hujan.

Batu – batu unik tersebut terdiri atas dua batu besar yaitu batu hun dan batu suelai. Batu suelai berada di tengah laut dengan ombak yang tenang. Sedangkan batu hun menjulang tinggi bag menara pencakar langit.

Oleh Masyarakat setempat, batu termanu suelai juga dipercaya sebagai sumber keberkahan bagi penduduk, dipuncak batu sering dilakukan ritual adat.

Pantai Batu Termanu terletak di Desa Onotali, Kecamatan Rote Tengah. Akses untuk mencapai lokasi tersebut cukup mudah, hanya membutuhkan waktu 15 menit bila menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Baa yang merupakan ibu kota Kabupaten Rote Ndao.

Keindahan batu termanu juga dapat dinikmati oleh mereka yang sedang dalam perjalanan dari Kota Kupang menujuh Pulau Rote atau sebaliknya, dari atas kapal keindahan dan kemegahan alam Rote Ndao terpancar dalam lanskap batu termanu.

Penulis: Putri Natrilia Boik

Sumber Gambar: Instagram @like_ntt

Related Posts

Tinggalkan Balasan