28 Pekerja Migran Indonesia Pulang ke Daerah Asal | detikdata

28 Pekerja Migran Indonesia Pulang ke Daerah Asal

DETIKDATA, SURABAYA – Sebanyak 28 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jawa Timur yang sebelumnya karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, hari ini Kamis (10/6/2021) diperbolehkan pulang ke daerah asal setelah dinyatakan negatif COVID-19.

Para PMI ini berasal dari Banyuwangi, Kabupaten Blitar, Bondowoso, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Bangkalan, Ngawi, dan Bojonegoro. Mereka semua dijemput petugas kabupaten/kota setempat.

“Dari Bangkalan harusnya yang pulang hari ini enam orang tapi karena ada satu yang hasil swebnya positif, jadi yang pulang lima orang,” kata Petugas Posko Penanganan data Pemulangan PMI Jawa Timur, M Agus Dewantoro, Kamis (10/6/2021).

Sementara Israh teman satu kamar PMI yang positif COVID-19 mengaku kaget saat mengetahui temannya positif. “Padahal dia sehat tidak ada keluhan sakit, untungnya saya tidak ketularan karena hasil tes swab saya negatif,” kata perempuan asal Kecamatan Sepulu Bangkalan.

Menurut Agus, terhitung hingga Rabu kemarin, kumulatif PMI yang karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya sebanyak 13.182 orang, kumulatif PMI non Jatim sebanyak 2.154 orang, sedangkan total ada 826 PMI memilih karantina mandiri di Hotel.

Sedangkan tingkat keterisian bed di Asrama Haji 28.67% atau terpakai 647 bed dan tersisa 1609 bed. Sementara di lokasi karantina Ketintang tingkat keterisian mencapai 49.74% atau terpakai 192 bed dan tersisa 194 bed.

“Selain tempat, selama karantina PMi mendapatkan makan tiga kali sehari dan pelayanan kesehatan, hingga mereka diperbolehkan pulang ke daerah asal,” tuturnya. (DD/HR)

Related Posts

Tinggalkan Balasan